Skip to main content

Berenang : Bikin Sehat dan Kuat


Kalau tubuh Anda terasa lungkrah. Kesehatan sering bermasalah. Bekerja tak bergairah. Akhirnya hidupnya susah. Maka berenang secara teratur menjadi solusi efektif, sekaligus bisa membuat tubuh sehat, kuat dan indah.

Berenang menjadi salah satu cara terbaik menyegarkan kembali badan, pikiran, hati dan bermanfaat menghilangkan stress. 

Secara psikologis, berenang dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks.  Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatan hormon endorphin dalam otak, sehingga suasana hati menjadi lebih tenang dan nyaman. Bersentuhan dengan air pun membuat tubuh lebih sejuk sehingga mempengaruhi suasana hati dan pikiran lebih adem, dan badan yang terasa gerah pun sirna.
Olahraga berenang juga dapat melatih pernafasan dan memperkuat nafas karena membutuhkan pernafasan yang kuat agar mampu menyelam dalam waktu yang lama. Sistem kerja pernafasan otomatis akan terlatih menjadi lebih panjang saat berenang. Gerakan pada berenang ini meliputi seluruh otot anggota gerak tubuh. Jika dilakukan secara teratur dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru menjadi lebih lancar untuk memberikan pernafasan lebih panjang.


Menurut penangungjawab Kolam Renang Kartika Sragen, Nur Handy Riyawan, SE, M.Si, berenang dapat membakar banyak kalori.
Handy
“Saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi sehingga secara efektif membakar kalori tubuh. Karena itu, olahraga ini sangat efektif untuk menurunkan dan membakar kalori dan lemak serta gula dalam darah sehingga kita terbebas dari diabetes,” kata Handy.

Berenang sangat penting bagi kesehatan dibuktikan oleh Suwondo. Meski telah berusia 77 tahun, namun Mbah Wondo, panggilan Suwondo, masih memiliki tubuh yang atletis, tegap dan sehat. Mbah Wondo sudah lebih dari setengah abad tekun berolahraga berenang secara rutin. 

Mbah Wondo menjelaskan, berenang mampu menggerakkan semua syaraf dan otot sehingga seluruh organ, termasuk jantung dan paru-paru secara otomatis tergerakkan. Berenang bisa dilakukan untuk semua umur, mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua.

"Berenang juga bisa melenturkan jantung. Kalau jantung itu lentur maka akan awet hidupnya karena tidak ada stress yang memaksa. Apalagi kalau mau latihan menyelam, gerakan ini dapat mengembangkan daya lentur jantung dan paru karena kita harus menahan napas. Itulah sebabnya, hampir semua gerakan berenang sangat  bermanfaat bagi kesehatan," jelas Mbah Wondo. 
Suwondo
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sragen, Supriyatno mengungkapkan, dirinya merasakan kebugaran setelah rutin bererang dua kali seminggu. 

Supriyatno
"Alhamdulillah. Tubuh saya makin fit setelah rutin berenang dua kali seminggu, Selasa dan Sabtu," katanya.  


suparto

Nah. Tunggu apa lagi?

Suparto 

Comments

Popular posts from this blog

TANGGAP WACANA ATUR PAMBAGYA HARJA

Pidato Kocak Dai Gokil

ATUR PASRAH BOYONG TEMANTEN KEKALIH

ATUR PASRAH CALON TEMANTEN KAKUNG BADE IJAB ( Kanthi Prasaja ) )

CONTOH ATUR PANAMPI PASRAH TEMANTEN SARIMBIT ACARA NGUNDUH MANTU

ATUR PANAMPI PASRAH CALON TEMANTEN BADE IJAB

Selamat Jalan, Novitasari

ATUR PAMBAGYA HARJA WILUJENG

Tanggap Wacana Basa Jawi dan Contoh Lamaran