Skip to main content

Menulis Bikin Awet Muda?


Fatima Mernissi, seorang penulis terkenal asal Maroko mengatakan, menulis dapat menyehatkan kulit alias bikin awet muda. Selain itu, menulis juga dapat menghilangkan trauma dan menyehatkan otak serta menjadi terapi yang menyembuhkan.

Seperti diungkap oleh Indari Mastuti (2011:108), sebuah penelitian pernah dilakukan terhadap dua kelompok orang yang mengalami masalah kejiwaan.

Kelompok pertama selama satu bulan diperintahkan untuk menulis apa saja yang mereka pikirkan. Sementara terhadap kelompok kedua tidak dilakukan perlakuan yang sama. 

Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok pertama lebih cepat sembuh daripada kelompok kedua.

Salah satu cara untuk awet muda adalah dengan terus menerus merasa bahagia, dan menulis merupakan salah satu cara merawat rasa bahagia. Rasa bahagia akan memancarkan kulit wajah menjadi lebih berseri-seri, santai dan lebih muda daripada usia sebenarnya.

Setiap kali selesai menulis dan berhasil memposting, ada sensasi luar biasa didalam dada kita. Dengan tulisan itu, seolah kita sudah bisa berteriak, mengungkapkan sesuatu yang mengganjal di hati, yang menyesakkan dada, dan mengeluarkan segala gagasan yang memenuhi pikiran.

Namun yang menjadi masalah bagi sebagian orang adalah ketika menulis dianggap sulit. Sebaliknya, mereka memilih menghabiskan waktu untuk ngobrol ‘ngalor-ngidul’ dengan teman dan tetangga, nonton TV  serta menggunakan gadget atau HP tanpa arah.

Howard Gardner, seorang tokoh pendidikan dan psikologi yang mencetuskan teori tentang ‘kecerdasan majemuk’ atau multiple intelligences, mengatakan, menulis bukanlah persoalan bakat, sebab semua orang memiliki kecerdasan berbahasa yang memungkinkan bisa jadi penulis.

Pada dasarnya setiap manusia yang dilahirkan memiliki kecerdasan Linguistik atau Word Smart dan kita tinggal memanfaatkan untuk tujuan-tujuan yang maksimal dalam hidup. Kecerdasan  Linguistik atau Word Smart adalah kemampuan manusia untuk menggunakan kata-kata yang efektif.

Belajar menjadi penulis itu seperti saat kita dulu masih kecil belajar berjalan atau naik sepeda, melalui proses merangkak dan jatuh bangun berkali-kali. Setelah melewati perjuangan melelahkan, kesungguhan, kedisiplinan  dan terus “dipaksa”, seiring perjalanan waktu akhirnya menemukan cara yang paling tepat. Dan tahu-tahu, tanpa disadari sudah bisa melakukannya.

Begitu juga proses menjadi penulis. Setelah melalui proses belajar dan latihan yang terus menerus, menulis dan menulis, lama-lama menjadi terampil. Akhirnya, menulis menjadi sesuatu yang menyenangkan, membahagiakan.

Mari kita menulis untuk menyebarkan kebaikan. Kalau tulisan kita bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi orang lain, InSya Allah akan menjadi amal kebaikan yang berlipat.

Yang jelas, InSya Allah, aktif menulis bikin orang bahagia. Kalau bahagia, jadi (merasa) awet muda kan?
Ngga percaya, silahkan buktikan!

Nah. Tunggu apa lagi!

Suparto 

Comments

  1. Setuju pak.. menulis bikin hati bajagia. Saya sudha merasakan dampaknya. Hihi. Ayo kita sebarkan kebaikan dengan menulis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahagia bisa membuat orang lain tersenyum bahagia..

      Delete
  2. Amin ..
    Saya pingin awet muda pak :)

    ReplyDelete
  3. Iya pak, saya merasakan suatu kebahagiaan sendiri serial selesai menulis apalagi bisa mempostingnya Di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menebar kebaikan utk meraih kebahagiaan ya Mbak.

      Delete
  4. Setuju Pak. Menulis itu membahagiakan sehingga membuat awet muda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Inilah indahnya berbagi kebaikan. Sukses Mas Naim..

      Delete
  5. Replies
    1. Klop. Semoga kita makin semangat untuk terus berkarya

      Delete
  6. Mantap! Jadi semakin semangat nih. Semangaaaattt....!!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TANGGAP WACANA ATUR PAMBAGYA HARJA

Pidato Kocak Dai Gokil

ATUR PASRAH BOYONG TEMANTEN KEKALIH

ATUR PASRAH CALON TEMANTEN KAKUNG BADE IJAB ( Kanthi Prasaja ) )

CONTOH ATUR PANAMPI PASRAH TEMANTEN SARIMBIT ACARA NGUNDUH MANTU

ATUR PANAMPI PASRAH CALON TEMANTEN BADE IJAB

Selamat Jalan, Novitasari

ATUR PAMBAGYA HARJA WILUJENG

Tanggap Wacana Basa Jawi dan Contoh Lamaran