Skip to main content

Orang Asing Yang Saya Kenal (Bag.5)


Bukti Cinta Selina

Oleh : Suparto

Selina memainkan musik Kulintang 
Pada tulisan yang lalu, saya ceritakan tentang seorang gadis Jerman bernama Selina yang menyatakan kecintaannya pada Indonesia. Salah satu keinginannya adalah bisa mengelilingi Indonesia untuk membuktikan cintanya kepada Indonesia. Dan, ternyata, ucapan itu dibuktikan gadis berambut pirang bernama lengkap Selina Denise Trapp ini. Berikut catatan saya tentang Selina yang menuturkan kisah perjalanannya itu.

*****
Setelah memiliki banyak referensi yang didapatkan dari browshing di internet, membaca buku-buku tentang peta dan kekayaan Indonesia serta bertanya kepada banyak orang, kini hati Selina telah mantap untuk merealisasikan cita-citanya. Cita-cita yang disebutnya sebagai bukti cinta.

“Jeda mengajar di bulan Desember, saya gunakan untuk mulai perjalanan panjang mengelilingi Indonesia, seorang diri. Saya mulai dengan mengunjungi kota Bandung Jawa Barat. Dari Gemolong Sragen, saya numpang bus menuju Solo untuk kemudian naik Kereta Api jurusan Bandung." Selina mengisahkan.

“Di ibukota Provinsi Jawa Barat ini, saya memanfaatkan waktu empat hari untuk sebanyak mungkin mengetahui tentang budaya Sunda. Saya saksikan tarian sunda, pernikahan suku sunda, dan mencoba memainkan musik Angklung serta menikmati pagelaran seni Wayang golek. Saya juga melihat Pabrik pesawat terbang yang dirintis mantan Presiden RI, BJ. Habibie. Nama Pak Habibie sudah sangat terkenal di negeri kami, Jerman.”

Wayang Golek 
Tak ketinggalan, Selina menyempatkan diri berkunjung ke tempat wisata alam Danau Tangkuban Perahu, serta berbelanja di Cibaduyut, sentra pedagang sepatu, tas, dan  sandal kulit.

Dari Bandung ia naik bus ke Jakarta, untuk menikmati suasana ibukota Republik Indonesia.  Di sini, Selina mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tempat orang bisa menyaksikan miniature Indonesia dengan segala macam ragam budayanya. Di TMII, Selina mengamati dengan seksama model  wayang golek, wayang orang, wayang kulit, dan wayang cina.

Masjid Istiqlal yang menjadi kebanggaan masyarakat Muslim Indonesia tak luput dari perhatian Selina. Ia pun menelusuri jejak sejarah Indonesia melalui pengamatannya di Pelabuhan Sunda Kelapa, kemudian mencoba jalan-jalan di Kota tua Jakarta yang masih menyisakan puluhan bangunan peninggalan pemerintahan  Hindia Belanda.

Dari Jakarta naik pesawat ke Bengkulu. Di kota ini, Selina mengikuti kegiatan di pusat konservasi Gajah selama beberapa hari. Ia mempelajari perilaku gajah, mengamati dan ikut terlibat memelihara gajah, dan belajar menjinakkannya.  Mulai dari memandikan, membersihkan kotoran, memberi makan, minum,  ia lakoni. Selina mencoba memberi aba-aba dengan isyarat seperti yang dilatihkan sang pawang. Misalnya memberi aba-aba untuk duduk, berdiri, turun, naik, angkat kaki tinggi, diam dan lain-lain.

Selina berenang bersama gajah
Ketika menyeberang sungai bersama gajah, ia merasakan sesuatu yang luar biasa. Ia baru tahu, ternyata, gajah yang dinaikinya pandai berenang. Selama ini yang ia tahu, gajah tidak bisa berenang lantaran badannya besar. Bersama gajah, menyusuri jalan di hutan, terlihat banyak kera, babi, burung rajawali.

Selesai bergulat dengan kehidupan gajah di Bengkulu, perjalanan dilanjutkan ke Medan, Sumatera Utara. Selina kagum dengan Masjid Raya Baiturrahman yang megah dan indah itu. Selama di pulau Sumatera, Selina menjelajahi berbagai kota dan desa untuk melihat kekayaan budaya dan alam di sana.

Selina dengan pakaian adat Batak
Ia pergi ke Danau Toba, Pulau Samosir, Pantai Lawang, ke Brastagi, Prapat, Bukit Tinggi, Pulau Bakung, dan lain-lain. Tak ketinggalan, ia amati adat suku Batak, rumah Batak dan pakaian Batak.

Dari Sumatera. Selina terbang ke Bali, dan tinggal di pulau Dewata ini selama empat hari.

“Maaf Pak. Waktunya terlalu singkat untuk menceritakan semua pengalaman saya mengunjungi berbagai tempat di Indonesia. Indonesia terlalu indah,” ujar Selina. 

- bersambung - 


#OneDayOnePost



Comments

  1. Di Bandung pasti Selena ke Saung angklung Udjo. Hehe, eh Selena cantik Pak
    hehe

    ReplyDelete
  2. Kalah sama selina yg sdh keliling indonesia

    ReplyDelete
  3. Kalah sama selina yg sdh keliling indonesia

    ReplyDelete
  4. Waahhh .... Selina luar biasa.. Jd pengen ikut denger ceritanya langsung nih...

    ReplyDelete
  5. Selena keren banget. Kita aja yg orang indonesia blm mengelilingi tanah kelahiran kita yah.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TANGGAP WACANA ATUR PAMBAGYA HARJA

CONTOH ATUR PANAMPI PASRAH TEMANTEN SARIMBIT ACARA NGUNDUH MANTU

Pidato Kocak Dai Gokil

ATUR PAMBAGYA HARJA WILUJENG

ATUR PASRAH BOYONG TEMANTEN KEKALIH

ATUR PANAMPI CALON TEMANTEN PUTRI BADE IJAB

Tanggap Wacana Basa Jawi dan Contoh Lamaran

ATUR PASRAH CALON TEMANTEN KAKUNG BADE IJAB ( Kanthi Prasaja ) )

Maaf, Ini Off The Record