Skip to main content

Shalat Seperti Mandi Penghapus Dosa


Rasulullah SAW mengibaratkan orang yang melaksanakan shalat wajib seperti orang yang mandi lima kali sehari yang menghapuskan dosa. Dalam hadist disebutkan, “Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?” Para sahabat menjawab, “Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya.” Beliau berkata, “Maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits lain diterangkan, dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Perumpamaan shalat lima waktu itu seperti sebuah sungai yang mengalir melimpah di depan pintu rumah salah seorang di antara kalian. Ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali. Tentu tidak tersisa kotoran sedikit pun di tubuhnya.” (HR. Muslim).

Dua hadits tersebut menggambarkan salah satu keutamaan shalat lima waktu yang dilaksanakan oleh umat Islam, bisa membersihkan dosa. Namun  menurut para ulama,  shalat tersebut hanya bisa menghapuskan dosa-dosa kecil, sedangkan dosa-dosa besar hanya bisa dihapus dengan cara bertaubat.

Shalat yang bagaimanakah yang bisa menjadi “sungai penghapus dosa” itu?
Pertama, shalat tersebut harus dikerjakan dengan sempurna menurut syarat, rukun, dan segala aturannya, sesuai yang dituntunkan Rasulullah SAW.

Kedua, sholat yang yang dilaksanakan secara khusyuk, dengan niat dan pikiran yang lurus hanya ditujukan kepada Allah semata. Orang yang melaksanakan shalat dengan khusyuk, akan memperoleh keberuntungan. Allah SWT berfirman, “Beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam shalatnya,” (QS al-Mukminun: 1-2).

Comments

Popular posts from this blog

Pidato Kocak Dai Gokil

TANGGAP WACANA ATUR PAMBAGYA HARJA

CONTOH ATUR PANAMPI PASRAH TEMANTEN SARIMBIT ACARA NGUNDUH MANTU

ATUR PAMBAGYA HARJA WILUJENG

ATUR PASRAH BOYONG TEMANTEN KEKALIH

ATUR PASRAH CALON TEMANTEN KAKUNG BADE IJAB ( Kanthi Prasaja ) )

ATUR PANAMPI CALON TEMANTEN PUTRI BADE IJAB

Maaf, Ini Off The Record