Skip to main content

Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Karyawan

Dari keseluruhan sumber daya yang tersedia dalam suatu organisasi, baik organisasi swasta maupun pemerintah, sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor yang sangat menentukan untuk mencapai tujuan organisasi.

Memang faktor-faktor yang lain seperti teknologi, modal, metode kerja modern juga penting, tetapi manusia tetap memiliki kedudukan yang paling sentral dan menentukan, karena manusia jugalah yang akan bertindak sebagai pengelola dan pelaksana sesuai bidangnya masing-masing. Keberhasilan pengelolaan orgasisasi sangat ditentukan oleh kegiatan pendayagunaan sumber daya manusia.

Oleh karena itu sumber daya manusia harus lebih diperhatikan daripada faktor yang lain. Betapa bagusnya perumusan tujuan dan rencana organisasi, agaknya hanya akan sia-sia belaka jika unsur sumber daya manusia tidak diperhatikan, apalagi kalau diterlantarkan.

Karena manusia merupakan faktor yang sangat menentukan dalam mencapai tujuan organisasi, maka karyawan yang ada jangan hanya dijadikan sebagai tenaga kerja semata, tetapi lebih sebagai asset yang sangat penting.

Dengan segala dayanya karyawan harus dikembangkan secara wajar dan meyakinkan, sehingga nantinya mereka tidak hanya memberikan dukungan keahlian dan kemampuannnya saja,  tetapi mempunyai komitmen individu kepada organisasi. 
Dengan komitmen yang dimilikinya maka karyawan memiliki semangat kerja yang tinggi dalam berupaya mencapai tujuan organisasi.

Persoalan yang muncul adalah bagaimana agar karyawan yang ada tetap mempunyai semangat yang tinggi, sementara beban tugas yang dihadapi semakin meningkat ditengah tuntutan masyarakat adanya pelayanan yang prima, sekaligus mempertahanan citra organisasi.

Semangat kerja dapat diartikan sebagai kesediaan seseorang untuk mencurahkan perasaan, pikiran dan tenaganya untuk  bekerja lebih baik sehingga akan membuahkan hasil yang lebih baik dalam mencapai tujuan organisasi.

Sebenarnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi semangat kerja karyawan, antara lain motivasi, kepemimpinan, lingkungan kerja, komunikasi, kondisi fisik, sarana kerja, kesehatan karyawan, pengawasan, pendidikan dan lain sebagainya. Dari beberapa faktor tersebut, ada tiga faktor yang  sangat berpengaruh, yaitu motivasi, kepemimpinan dan lingkungan kerja.

Agar karyawan mempunyai semangat yang tinggi, mereka harus diberi motivasi sesuai dengan kebutuhannya.

Semangat kerja karyawan tentu tidak datang secara tiba-tiba dan kebetulan, melainkan harus diusahakan dan dibina terus menerus oleh pemimpin organisasi.

Selain memberikan motivasi yang tepat dan perlunya kepemimpinan yang efektif, karyawan dalam bekerja sehari-hari harus diperhatikan lingkungan kerjanya.

Dapat dibayangkan bila setiap hari karyawan harus berhadapan dengan lingkungan kerjanya yang serba tidak enak. Misalnya ruangan kotor, meja kursi terlalu padat, sirkulasi udara tidak sehat dan panas, warna tembok sudah suram, dapat dipastikan karyawan tidak akan tahan lama bekerja, semangat kerja turun, yang pada gilirannnya hasil kerjanya juga akan merosot.

Dengan memperhatikan faktor motivasi, kepemimpinan dan lingkungan kerja, diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja para karyawan yang pada gilirannya tujuan organisasi dapat tercapai.

Suparto 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

TANGGAP WACANA ATUR PAMBAGYA HARJA

Pidato Kocak Dai Gokil

ATUR PASRAH BOYONG TEMANTEN KEKALIH

ATUR PASRAH CALON TEMANTEN KAKUNG BADE IJAB ( Kanthi Prasaja ) )

CONTOH ATUR PANAMPI PASRAH TEMANTEN SARIMBIT ACARA NGUNDUH MANTU

ATUR PANAMPI PASRAH CALON TEMANTEN BADE IJAB

Selamat Jalan, Novitasari

ATUR PAMBAGYA HARJA WILUJENG

Tanggap Wacana Basa Jawi dan Contoh Lamaran