Skip to main content

Menyatu Dengan Alam



Hari ini, 5 Juni, diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup (HLH) se Dunia. Badan Lingkungan Hidup Dunia (United Environment Programme/UNEP) menetapkan tema HLH 2017 “Connecting People to Nature” atau terjemahan bebas dalam bahasa Indonesia, “Menyatu dengan Alam.”

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menyatakan, pemilihan tema ini mengajak kita untuk hadir bersama alam, menghargai keselarasan antara manusia dengan alam demi kelangsungan hidup penghuni bumi dan keindahan alam, memperlakukan alam secara prosporsional, tidak primitif hanya mau mengeruk keuntungan daripadanya saja, tetapi harus dalam perspektif perlindungan alam.

Tema “Menyatu dengan Alam”, menurut Siti Nurbaya, mengingatkan kita akan kewajiban kita memanfaatkan keyaan alam karunia Tuhan  Yang Maha Esa dengan sebaik-baiknya. Jika tidak dijaga dan dipelihara dengan baik, maka semua kekayaan itu akan hilang karena kondisinya rusak atau terganggu.

Momentum peringatan Hari lIngkungan Hidup Sedunia di bulan Ramadhan ini bisa menjadi refleksi bagi kita untuk mengingat kembali perlunya manusia melakukan perubahan perilaku  dengan menahan diri dari perbuatan kurang baik untuk menjadi lebih baik. Hal ini juga dapat diimplementasikan dalam menjaga kekayaan, keselerasan dan keindahan alam. Dan yang lebih penting adalah aktualisasi kejujuran dalam melihat, mempersepsikan persoalan serta dalam melangkah dengan dan bersama alam.

Manusia dan alam adalah satu. Kita tidak bisa dipisahkan dengan alam. Oleh karena itu terhadap alam, kita harus memerlakukannya, menjaga dan melindunginya dari segala anacaman dan kerusakan.

Kilas

“World Environment Day” (WED) atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan sebuah kampanye pelestarian lingkungan hidup terbesar di dunia.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini dimulai semenjak Majelis Umum PBB menetapkan 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup pada saat Konferensi Stockholm tahun 1972.

Setelah itu, dua tahun kemudian, pada 1974 Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati untuk pertama kalinya dengan mengangkat tema "Only One Earth". Hingga sekarang setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2017 ini mengambil tema "Connecting People to Nature" atau “Menyatu Dengan Alam” yang menggambarkan tentang jutaan penduduk bumi yang akan menjawab panggilan untuk "Berhubungan dan menyatu dengan Alam". Berinteraksi dengan alam, mengenali dan menikmati keindahan alam untuk kemudian tergerak untuk melindungi bumi.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini bertujuan agat setiap manusia di dunia ini bergantung pada alam. Dan diharapkan agar seluruh manusia dapat memiliki hubungan yang baik dengan alam dengan cara berinteraksi, mengenali, dan menikmati segala keindahan serta kekayaan alam disekitarnya.

Selamat Hari Lingkungan Sedunia 2017.

Suparto

Comments

Popular posts from this blog

Pidato Kocak Dai Gokil

TANGGAP WACANA ATUR PAMBAGYA HARJA

CONTOH ATUR PANAMPI PASRAH TEMANTEN SARIMBIT ACARA NGUNDUH MANTU

ATUR PAMBAGYA HARJA WILUJENG

ATUR PASRAH BOYONG TEMANTEN KEKALIH

ATUR PASRAH CALON TEMANTEN KAKUNG BADE IJAB ( Kanthi Prasaja ) )

ATUR PANAMPI CALON TEMANTEN PUTRI BADE IJAB

Maaf, Ini Off The Record