Skip to main content

29 Hari Mencari Cinta


Sekitar pukul  empat sore, ratusan orang terlihat memasuki halaman Masjid Raya Al-Falah Sragen. Mereka datang dengan mengendarai sepeda motor atau mobil, mengayuh sepeda onthel, naik angkota atau berjalan kaki. Dengan wajah berseri, mereka masuk kedalam masjid kemudian duduk bersila di atas karpet merah, untuk mengikuti acara kajian bertajuk “29 Hari Mencari Cinta Ilahi.”


Itulah program spesial bulan Ramadhan 1438 H, yang digelar takmir Masjid Raya Al-Falah Sragen. Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari pukul 16.00-17.15 itu berlangsung selama 29 hari sejak tanggal 27 Mei hingga 23 Juni 2017.


Menurut Takmir Masjid Raya Al-Falah Sragen, Ir.Kusnadi Ikhwani, puluhan tokoh dan da’i kondang siap mengisi materi kajian dengan tema-tema aktual dan menarik. Mereka adalah para tokoh Islam yang sudah dikenal di Sragen maupun wilayah Surakarta.


Kajian diawali oleh KH. Sururi  yang mengangkat tema “Jadikan ini sebagai ramadhan terakhirmu.” Disusul hari-hari berikutnya, antara lain Hakim Zanky, Lc  (tema Sirah Nabawiyah),Taufiqurrahman,S.Kom, (Hadis Pilihan), Luthfanuddin, Lc (Tafsir surat pilihan), Umarul Faruq Abu Bakar, Lc, M.Hi (Kiat menggapai keberkahan Al-Qur’an) dan Ir. Kusnadi Ikhwani ( Menggapai Bisnis Berkah).


Kemudian Dr. Muinuddinillah Bisri, Lc,MA  dengan topik  “Kembali kepada Al-Qur’an adalah sumber kekuatan umat Islam”, Abu Syamil  (Menggapai keluarga sakinah),  Tim Rehab Hati (Hidup Sehat Dengan Ruqyah Syariah), dan  Ali  Rosyidi, S.Pd.I  (Wawasan Problematika Hisab Rukyat dalam penentuan awal Ramadhan).


Berikutnya, ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sragen, Abdullah Affandi, M.Ag  mengisi materi berjudul “Berramadhan ala Rasulullah”, Dr. Nur Salim (Fiqih Ramadhan), Mujahid Abu Kholil, Lc. (Menyambut Lailatul Qadar), Dodok Sartono, MM (Menjadi hamba yang pandai bersyukur serta pelajaran disiplin dan sabar dari ramadhan), Mustaqim, M.Ag  (Fenomena aliran sesat di Indonesia), KH. Sugeng Abdullah (menggapai istiqamah), dan Umar Khoiri (Fiqih Berhari Raya).


Sementara itu, dua orang tokoh yang didatangkan dari mancanegara, yakni Syikh Abdul Munim  dari Palestina  dan Syikh Abdurrahman Naseem  dari Yordania, menjadi daya tarik umat Islam Sragen untuk mengikuti kajian spesial ini. 


Usai mengikuti kajian Islam, saat terdengar adzan magrib, ratusan jamaah langsung menuju ke serambi untuk menikmati buka puasa bersama. Suasana keakraban antar jamaah saat menikmati makan dan minum terlihat begitu indah.


Tiap hari disediakan takjil dan buka puasa 500 porsi dengan aneka menu yang terus berganti. 

Kegiatan lain yang diikuti ribuan jamaah adalah shalat tarawih.  Suara merdu para imam yang hafidz (hafal Qur'an) membuat shalat tarawih terasa khusuk.  

Di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan, Takmir Masjid Al-Falah mengagendakan kegiatan I'tikaf setiap tengah malam hingga dini hari dan dilanjutkan dengan makan sahur bersama. 

Dengan motto “Lengkapi Pahala Ramadhan Dengan Ilmu Bermutu” Takmir ingin memberikan warna berbeda untuk memakmurkan masjid yang berada di dekat Stasiun Kereta Api Sragen ini.   

Semoga kegiatan yang telah disiapkan secara all-out oleh Takmir Masjid Al-Falah Sragen dan didukung berbagai pihak ini, bisa memuluskan jalan "29 Hari Mencari Cinta Ilahi" di bulan Ramadhan yang penuh berkah.  



Suparto
#RamadhanBerkah

Comments

Popular posts from this blog

Pidato Kocak Dai Gokil

TANGGAP WACANA ATUR PAMBAGYA HARJA

CONTOH ATUR PANAMPI PASRAH TEMANTEN SARIMBIT ACARA NGUNDUH MANTU

ATUR PAMBAGYA HARJA WILUJENG

ATUR PASRAH BOYONG TEMANTEN KEKALIH

ATUR PASRAH CALON TEMANTEN KAKUNG BADE IJAB ( Kanthi Prasaja ) )

ATUR PANAMPI CALON TEMANTEN PUTRI BADE IJAB

Maaf, Ini Off The Record