Skip to main content

Merdeka



Hari ini, Republik Indonesia telah berusia 72 Tahun. Apa yang harus kita rasakan dan lakukan bahwa kita masih berada di negeri yang merdeka?
 
Yang pertama dan utama adalah bersyukur kepada Allah SWT. 
Mengapa? Coba lihat alinea ketiga pembukaan UUD 1945. Disitu termuat sebuah pernyataan dan pengakuan bahwa kemerdekaan Republik Indonesia terwujud atas berkah dan rahmat Allah. 

"Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya."

Padahal semua wujud Rahmat dan nikmat itu wajib kita syukuri. Perhatikan beberapa firman Allah dalam Al-Qur'an berikut ini : 

".... syukurilah nikmat Allah, jika kamu sungguh-sungguh menyembah Allah." (QS. An-Nahl [16]:114)

 "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azabku sangat berat." (QS. Ibrahim [14]:7)

Bagaimana cara mewujudkan rasa syukur kita atas kemerdekaan negeri ini?
Pertama, adanya kesadaran dan pengakuan dari lubuk hati yang paling dalam, bahwa memang kemerdekaan Indonesia itu, terwujud atas berkat Rahmat Allah SWT setelah melalui perjuangan panjang seluruh elemen rakyat. 

Kedua, mengisi kemerdekaan ini dengan tindakan positif, melalui berbagai karya dan pengabdian untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Bukan dengan tindakan negatif yang merusak dan menghancurkan negeri ini. 

Ketiga, mengokohkan rasa persatuan dan kesatuan seluruh komponen bangsa, agar negeri ini tidak mudah dipermainkan oleh bangsa lain yang ingin menggoyahkan negeri ini. 

Mari kita cintai negeri ini sepenuh hati
Dengan berbagai karya bhakti 

Merdeka!

Suparto

Comments

Popular posts from this blog

TANGGAP WACANA ATUR PAMBAGYA HARJA

Pidato Kocak Dai Gokil

ATUR PASRAH BOYONG TEMANTEN KEKALIH

ATUR PASRAH CALON TEMANTEN KAKUNG BADE IJAB ( Kanthi Prasaja ) )

CONTOH ATUR PANAMPI PASRAH TEMANTEN SARIMBIT ACARA NGUNDUH MANTU

ATUR PANAMPI PASRAH CALON TEMANTEN BADE IJAB

Selamat Jalan, Novitasari

ATUR PAMBAGYA HARJA WILUJENG

Tanggap Wacana Basa Jawi dan Contoh Lamaran