Skip to main content

JALANI HIDUP INI


Dalam menjalani hidup ini, kita pernah mengalami saat-saat yang membosankan. Berbagai perasaan negatif datang silih berganti, atau bahkan muncul berbarengan dan mendera diri kita.

Kita seperti kehilangan arah, tak tahu harus kemana dan berbuat apa. Kita tak memiliki semangat, yang ada adalah rasa pesimis dan putus asa. Rasa percaya diri sirna, keyakinan kepada Tuhan pun luntur. Hidup menjadi hampa. Rasa kecewa, sedih, gelisah, benci, marah, seakan menjadi menu harian yang tersaji dan harus kita telan.

Ketika semua rasa itu mendera, maka jalan terbaik adalah ingat kepada Allah SWT., Sang Pemilik Kehidupan. Kita harus segera sadar, bahwa kita memiliki Allah, Tuhan tempat bergantung segala urusan. Mintalah kepada Allah, Sang Pemberi Hidayah, agar mendapatkan jalan terang dan ketenangan.

Untuk menyemangati ikhtiar tersebut, tak ada salahnya kita simak lagu yang dilantunkan oleh D’Masiv berjudul "Jangan Menyerah."

"Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik
Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasa-Nya
Bagi hamba-Nya yang sabar
Dan tak kenal putus asa."

Dwi Suwiknyo (2016) dalam bukunya berjudul 'Jangan Mudah Menyerah', pernah menjabarkan lirik lagu D’Masiv tersebut, sebagaimana uraian singkat berikut ini.

Kita adalah makhluk Tuhan yang paling beruntung, paling sempurna diantara makhluk Tuhan yang lain. Banyak hal bisa kita syukuri meski terkadang kita sering melupakan segala nikmat-Nya. Maka, 'Syukuri apa yang ada.'

Kita harus segera sadar kembali, perhatikan lagi semua anugerah yang telah Allah berikan kepada kita. 'Sebab hidup adalah anugerah.'

Agar kita senantiasa bersemangat menjalani hidup ini, bersyukurlah banyak-banyak, supaya kita lupa bagaimana caranya sambat (mengeluh). 'Tetap jalani hidup ini.'
Kemudian tumbuhkan rasa percaya diri dan keyakinan bahwa Allah akan menolong kita. 'Tugas kita hanya melakukan yang terbaik.'

Yakinlah kalau Allah menyukai orang-orang yang membulatkan tekadnya, yang meluruskan niatnya, dan menyempurnakan ikhtiarnya. Hingga tanpa kita sadari, tiba-tiba saja Allah menunjukkan jalan dan kemudahan. 'Yakinlah, Tuhan  kan pasti  menunjukkan kebesaran dan kuasa-Nya.' Itu semua bisa kita dapatkan jika memang kita yakin dan terus bergerak.

Allah bersama orang-orang yang sabar. 'Bagi Hamba-Nya yang sabar', pasti akan ada saja kejutan dari Allah SWT. Sampai-sampai berkata dengan gembira, “Alhamdulillah, kok bisa begini ya?”

Orang-orang yang tak kenal putus asa akan meraih apa yang diimpikan, sekaligus tanpa sadar, kita pun akan mendapatkan ilmu dan pengalaman.

Semoga bermanfaat.

Suparto

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

TANGGAP WACANA ATUR PAMBAGYA HARJA

Pidato Kocak Dai Gokil

ATUR PASRAH BOYONG TEMANTEN KEKALIH

ATUR PASRAH CALON TEMANTEN KAKUNG BADE IJAB ( Kanthi Prasaja ) )

CONTOH ATUR PANAMPI PASRAH TEMANTEN SARIMBIT ACARA NGUNDUH MANTU

ATUR PANAMPI PASRAH CALON TEMANTEN BADE IJAB

Selamat Jalan, Novitasari

ATUR PAMBAGYA HARJA WILUJENG

Tanggap Wacana Basa Jawi dan Contoh Lamaran